Kompresor
Fungsi
kompresor pada sistem AC adalah :
|
Memberi
tekanan pada zat pendingin, agar mengalir (bersirkulasi) dalam sistem.
Secara garis
besar kompresor ada dua jenis yaitu :
1. Kompresor
torak
2. Kompresor
rotari
Untuk
menggerakkan kompresor dipakai tenaga motor dari mobil itu
sendiri atau memakai motor penggerak tersendiri
Kondensor
Kondensor
Fungsi
kondensor mendinginkan zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh
kompresor.
Zat
pendingin yang bertekanan tinggi dari kompresor suhunya panas melalui kondensor
panas itu dihilangkan (diperkecil) dan zat pendingin berubah bentuk menjadi cair.
Filter
Filter
Uap air
adalah gangguan yang paling utama dalam sistem AC, karena uap air menyebabkan
terjadi pembekuan (es) pada saluran-saluran dalam sistem, terutama
pada katub ekspansimengakibatkan sistem AC tidak berfungsi dengan baik.
Untuk
menyerap uap air dan kotoran kecil pada sistem digunakan saringan / filter.
Katup Ekspansi
Katup Ekspansi
Zat
pendingin yang sudah dikondensasi oleh kondensortekanannya harus
diturunkan oleh katub ekspansi supaya zat pendingin dapat menyerap
panas di sekeliling evaporator.
Katup
expansi ini dipasangkan pada saluran masuk evaporator ( menjadi satu unit ).
Evaporator
Evaporator
Pada
evaporator zat pendingin akan mengambil panas dan berubah bentuk
menjadi gas.
Supaya
pengambilan panas pada evaporator dapat berlangsung sempurna, maka evaporator
dilengkapi dengan motor bloweryang juga berfungsi untuk menghembuskan udara
dingin ke dalam ruang kendaraan
Zat pendingin
Zat pendingin
- Saat
ini zat pendingin yang dipakai pada AC mobil adalah Freon (CF2 Cl2) dengan
nomor kode R – 12
R = Refrigerant
Tidak ada komentar:
Posting Komentar